Yamaha Aerox 125 LC - PT
Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memulai periode 2016 dgn start yg
lumayan impresif. Sesudah minggu dulu mereka meluncurkan New Fino 125 Blue
Core, sekarang ini pabrikan Garpu Tala itu memperkenalkan Yamaha Aerox 125LC yg
adalah product baru ke-2 Yamaha di awal thn 2016. Sebenarnya, nama Aerox pernah
luput dari perhatian publik, lantaran perhatian pecinta otomotif Tanah Air
tersedot oleh gagasan kedatangan Yamaha MT-15. Tetapi bukan Yamaha namanya jika
tidak menciptakan kejutan. Mendekati perubahaan thn tempo hari, justru rumor
kedatangan skutik Yamaha Aerox gaungnya terdengar lebih nyaring. & kepada
pertengahan Januari 2016 ini, dengan cara resmi hasilnya PT YIMM meluncurkan
Yamaha Aerox 125 LC ke pasaran. Dari namanya saja terang Aerox bukan skutik
sembarangan. Label ‘LC’ yg menyertai namanya terang menunjukkan bahwa skuter
matik terupdate lansiran Yamaha ini bakal bernuansa sporty, sama seperti New
V-ixion Lightning yg pun mempunyai label ‘LC 4V’ kepada namanya. Yamaha sendiri
menyatakan bahwa Yamaha Aerox 125 LC ini terinspirasi oleh tim balap Movistar
Yamaha MotoGP yg th dulu sukses menguasai arena balap MotoGP. Lebih-lebih, YIMM
kali ini mengusung tagline ‘Life is a Race’ sbg filosofi Aerox 125LC. So,
nuansa sporty khas Yamaha benar-benar kental tertanam kepada Yamaha Aerox 125LC
ini.
Aspek
yg paling spesial dari Yamaha Aerox 125 LC pasti saja kenyataan bahwa skutik yg
lahir di Indonesia ini yakni version teratas dari Yamaha Aerox. Yamaha sendiri
terkecuali terinspirasi dari line-up motor sport, pula menyatakan Aerox 125LC
ini adalah hasil ‘kawin silang’ antara Yamaha GT 125 Eagle Eye bersama Yamaha
X-Ride. Aspek ini mampu dipandang dari rancangan Yamaha Aerox 125 LC yg
mempunyai ground clearence tinggi sebagaimana X-Ride, berpadu dgn design body
futuristik berkaraketer tajam khas GT 125 Eagle Eye. Biarpun Aerox bukanlah
model skutik berteknologi Blue Core, tetapi Yamaha menjanjikan bahwa
performanya tidak kalah bersama model skutik lain yg telah mengusung tehnologi
khas Yamaha tersebut. Kali ini Yamaha menggendong mesin 4-stroke SOHC bersama
kapasitas mengisi silinder 125cc. Kalau dipandang dari kapasitas mesinnya,
sehingga Yamaha Aerox 125LC bakal berdiri sejajar dgn Mio M3, GT 125, maupun
Xeon 125. Tetapi yg membedakan yakni, Aerox 125LC ini telah memakai mesin
berpendingin cairan alias liquid cooled. Seterusnya, soal performa mesin serta
Yamaha Aerox 125 LC termasuk juga yg paling ‘gahar’ di kelasnya. Perihal ini
lantaran Aerox mempunyai perbandingan kompresi mesin 10,9 : 1, lebih akbar dari
New Fino 125 Blue Core. Mesin SOHC 125cc yg tertanam kepada skutik paling baru
Yamaha ini juga bisa memuntahkan tenaga maksimal mencapai 8,4 KW kepada putaran
mesin 9.000 rpm bersama torsi puncak mencapai 10,4 Nm terhadap 6.500 rpm. Dgn
tenaga yg cukup akbar tersebut, tentunya menciptakan Yamaha Aerox 125 LC mampu
diajak berpacu & bermanuver dengan cara mantap. Lebih-lebih, Yamaha pula
serta menyematkan segudang feature komplit kepada skuter matik terbarunya ini.
Macam Mana, bagus kan? Nah utk lebih menurutnya, Mas Sena miliki ulasan kumplit
tentang spesifikasinya & harga Yamaha Aerox 125LC kepada segmen-segmen
dibawah ini.
Yamaha Aerox 125 LC |
Spesifikasi Yamaha Aerox 125 LC
Skuter Matik Bergaya Sporty dengan Desain Aerodinamis ala Motor Balap
Skuter Matik Bergaya Sporty dengan Desain Aerodinamis ala Motor Balap
Buat
segmen mula-mula ini, mula-mula kali Mas Sena bakal menggandeng Bro & Sis
buat membedah rancangan eksterior dari spek Yamaha Aerox 125LC ini. Bila diliat
dengan cara mendetail terhadap sektor design eksteriornya, nuansa sporty khas
motor balap Yamaha akan Bro & Sis dapatkan kepada Aerox. Seperti yg telah
Mas Sena pernah sampaikan tadi, bahwa Aerox ini sanggup dibilang mempunyai
rancangan body ‘mix and match’ antara Yamaha GT 125 Eagle Eye & Yamaha X-Ride.
Dari fascia depan, kelihatan Yamaha Aerox 125LC mempunyai karakter lampu
penting tajam nan futuristik, khas GT 125. Garis rancangan headlamp Aerox
mempunyai gagasan runcing bersama paduan lampu berjenis LED. Nuansa rancangan
depan Aerox memang lah kental bernuansa racing. Lebih-lebih cover dashboard yg
dibuat berbentuk segitiga terbalik makin menambah kesan sporty kepada Yamaha
Aerox 125 LC ini. Bergerak ke bidang sayapnya, Aerox 125LC serta kelihatan
kelihatan demikian futuristik bersama dimensi lebar & terdapat lubang
ventilasi hawa pula winglet sebagaimana motor balap MotoGP. Buat body
sampingnya, di desain bersama lebih runcing & tajam. Demikian juga kepada
bagian buritan Yamaha Aerox 125 LC yg amat kentara sekali aura Yamaha V-Ixion
Advance dgn model stoplamp & handle bar belakang yg tersembunyi di balik
jook. Utk bidang jok, Aerox 125LC pula menawari nuansa racing dgn adanya
pembatas posisi duduk sama seperti motor balap. Tapi biarpun demikian,
rancangan jok ini terus mengutamakan kenyaman pengendara. Terakhir buat sektor
muffler atau knalpot, Yamaha Aerox 125LC mempertahankan design pipa pembuangan
gas milik Xeon RC & GT 125 dgn laburan cat hitam. Rencana ini tidak pelak
makin menambah karakter agresif kepada Aerox. So, kalau menonton garis
rancangan yg ditawarkan perincian Yamaha Aerox 125 LC kali ini, menurut Mas
Sena telah sukses tampil dgn pass baik & mampu mewakili aura motor balap yg
aerodinamis, fungsional, & tentunya antimainstream.
Yamaha Aerox 125 LC (lampu depan) |
Dashboard
Futuristik Bernuansa Racing Kumplit bersama Panel Fungsional
Setelah
Itu, sesudah puas dgn uraian Yamaha Aerox 125 LC kepada bidang rancangan body,
Mas Sena bakal menggandeng Bro & Sis buat menilik salah satu bidang yg
nampak mencolok terhadap Aerox 125LC ini, yaitu di bidang konsol meter alias
panel dasboard. Terhadap bidang yg satu ini, sepertinya Yamaha Aerox 125 LC membawa
ide dasboard terhadap Yamaha X-Ride yg mempunyai kesan ‘adventure’ berupa
handle bar atau setang bergaya naked bike yg berukuran pass panjang. Tidak
Hanya itu, setang ‘telanjang’ terhadap Yamaha Aerox 125 LC ini serta pun serupa
kepada X-Ride. Aspek ini tentu menambah kesan maskulin kepada skutik yg satu
ini. Seterusnya, terhadap konsol meter dirancang dgn model membulat,
terinspirasi jam digital. Konsol meter terhadap Yamaha Aerox 125LC diracik
tidak dengan cover, menyerupai sepeda motor naked bike. Terhadap dashboard ini
terdapat sekian banyak panel instrumen yg sedia kumplit & serta informatif,
seperti speedometer, odometer, indikator mesin, high beam, flasher, water
temperature & pun indikator bahan bakar yg semuanya disajikan dalam penampilan
rancangan yg futuristik. Seluruh panel kepada dashboard Yamaha Aerox 125 LC
serta pula terlihat dirancang dengan cara harmonis, maka gampang terpantau.
Sementara itu, demi menjaga estetika, kepada frame konsol meter dilabur dgn cat
warna hitam dikombinasikan warna kuning terhadap papan indikator yg membuatnya
kelihatan lebih mewah & berkelas. So, spek Yamaha Aerox 125LC di sektor
panel dashboard ini memang lah terasa nuansa modernnya.
Dimensi Serasi
Serasi utk Karakter Jalan yg Mulus Ataupun Bergelombang
Sbg
motor yg berjenis skuter matik, hal kenyamanan yaitu prioritas yg dicari oleh
umumnya konsumen. Faktor ini pulalah yg masihlah konsisten dipertahankan YIMM
lewat perincian Yamaha Aerox 125LC ini. Kendati motor ini tampak lumayan sporty
& berdesain agresif, tapi buat kenyamanan tetap diutamakan. Terbukti dgn
dimensi yg dibawanya, di mana Aerox 125LC mempunyai ukuran badan lumayan kompak
& ramping yaitu berkisar 1857 x 742 x 1070 milimeter. Bobot Yamaha Aerox
125 LC sendiri serta lumayan ringan di kelasnya, merupakan seberat 102 kg saja.
Sementara motor ini pun mempunyai ground clearance cukup tinggi, meski tak setinggi
X-Ride, merupakan 135 milimeter. Menjadi, kalau menonton dimensi yg dibawanya,
Yamaha Aerox 125 LC ini masihlah amat sangat nikmat buat diajak bermanuver di
jalanan yg mulus maupun medan bergelombang. diluar itu, Aerox serta masihlah
asyik disaat diajak menembus jalanan kota yg ramai. Lebih-lebih, apabila Bro
& Sis berharap sensasi riding tidak serupa, Yamaha Aerox 125LC menawari
footpeg kusus di sektor dek tengah. Maka bersama adanya perangkat ini, Bro
& Sis mampu merasakan ergonomic riding ala motor sport yg nyaman.
Kesimpulannya, biarpun berdesain sporty, tapi kenyataannya uraian Yamaha Aerox
125 LC mempunyai dimensi fisik yg ergonomis, nyaman, & pas buat berkendara
jarak dekat ataupun jarak jauh.
Suspensi
Kokoh Didukung Ban Tapak Lebar Hadirkan Manuver Berkendara Sempurna
Rancangan
body sporty yg dipunyai oleh spek Yamaha Aerox 125 LC tak lepas dari dukungan
suspensi & serta uraian kaki-kaki yg turut menolong penampilannya. Sama
seperti varian skuter matik kepada rata-rata, Aerox 125LC pula tetap menawari
kemudahan berkendara terhadap penggunanya, tidak hanya pastinya performa yg
mengedepankan kepraktisan. Utk menopang faktor tersebut, YIMM menyematkan
dukungan suspensi bermutu khas motor matik Yamaha kepada generasi Yamaha Aerox
125 LC ini. Skuter matik bernuansa balap ini mengambil rangka kategori
underbone yg populer kokoh & kuat dalam menahan beban. Setelah Itu guna
memberikan kenyamanan bagi pengendara juga pembonceng, Yamaha Aerox 125LC serta
di bekali bersama system supsensi depan berjenis teleskopik, & suspensi
belakang berjenis lengan ayun. Ke-2 suspensi ini diklaim telah mempunyai
tingkat daya redam lumayan baik buat motor bersegmen skuter matik. Sementara
demi mengimbangi rancangan & performa mesin, kali ini Yamaha Aerox 125 LC
mengusung perangkat kaki-kaki berupa ukuran ban lebih gambot. Perihal ini
pastinya buat menjaga stabilitas berkendara bersama ban depan berukuran
70/90-14 & ban belakang berukuran 70/100-14. Ke-2 ban tersebut membalut
velg racing berdiameter 14 inci. Sedikit penambahan berita, yg menciptakan penampakan
Yamaha Aerox 125 LC lebih tampan di sektor kaki-kakinya yaitu kedatangan Front
Fender & Fork Protection sama seperti motor sport, yg pass menopang
tampilannya di sektor kaki. Terakhir buat pengereman, spek Yamaha Aerox 125LC
mengandalkan rem cakram di bidang depan & drum brake di sektor belakang yg
telah lumayan mumpuni utk mengontrol laju kendaraan.
Mesin
SOHC 125cc Berpendingin Cairan Hasilkan Performa Bertenaga
Mewakili
genetik balap ala motor MotoGP, sehingga perincian Yamaha Aerox 125LC juga
tentunya mengusung mesin bersama technologi paling baik guna membuahkan
performa bertenaga. Digadang-gadang bakal dijejali mesin berteknologi Blue
Core, nyatanya Aerox 125LC justru masihlah mengambil platform mesin yg sama
bersama Yamaha Xeon 125 atau GT 125 Eagle Eye. Benar sekali, kali ini Yamaha
Aerox 125 LC hadir bersama mesin bertipe empat langkah kategori SOHC silinder
tunggal. Biarpun belum mengadaptasi mesin berteknologi Blue Core, tapi Yamaha
Aerox 125 LC justru telah memakai pendingin cairan atau liquid cooled. Factor ini
pasti bakal menciptakan suhu mesin terhadap Aerox jadi lebih terjaga. Aerox
serta jadi skutik perdana produksi YIMM yg memakai mesin berpendingin cairan.
Dulu, mesin terhadap Yamaha Aerox 125LC serta diklaim dapat membuahkan power
maksimum hingga 8,4 kw kepada putaran 9.000 rpm, bersama torsi puncak hingga
10,4 Nm terhadap putaran 6.500 rpm. Kalau ditilik dari kalkulasi performa
mesinnya, Aerox 125LC ialah skutik bersama tenaga paling powerful di kelasnya.
Mesin terhadap Yamaha Aerox 125 LC sendiri memang lah mempunyai karakteristik
berlainan bersama mesin Blue Core, di mana mesin Blue Core mempunyai
keseimbangan dari sisi performa & mengonsumsi bahan bakar. Sementara mesin
terhadap Aerox 125LC justru mempunyai optimalisasi kepada bidang performa yg lebih
beringas. hal itu menurut YIMM sebab Yamaha Aerox 125LC buat kali ini lebih
konsentrasi terhadap segmen laki laki yg senang motor berperforma maksimal.
Tetapi buat mesinnya sendiri, menurut Mas Sena pun tak terlampaui boros bahan
bakar sebab telah mengusung system suplai bahan bakar Fuel Injection. Sementara
sama seperti motor generasi baru yang lain, spek Yamaha Aerox 125 LC utk
komponen mesinnya pun sudah mengadopsi technologi trendi, berupa Forged Piston
& pula DiASil Cylinder yg bakal mereduksi gesekan antar komponen terhadap
area mesin.
Feature
Suporter Kumplit Khas Skuter Matik Periode Sekarang Ini
Tibalah
pembahasan Mas Sena buat perincian Yamaha Aerox 125LC di sektor terakhir,
merupakan feature penunjang. Nah kali ini, sama seperti motor skutk yang lain,
Aerox 125LC serta menawari nilai lebih melalui feature penunjang yg
dimilikinya. Kepada motor bergaya sport-matic yg satu ini, Bro & Sis
konsisten mampu menjumpai segudang feature berkelas sebagaimana motor premium.
Utk feature kenyamanannya, jok kepada Yamaha Aerox 125 LC juga dibuat
bertingkat, pula ada benjolan kepada bidang penumpang atau pemboncengnya.
Design jok khas motor sport ini berfungsi buat menahan badan pembonceng biar
tak merosot ke depan. Seterusnya ada serta bagasi luas yg sanggup difungsikan
buat menaruh helm half face. Lantas demi mempermudah kenyamanan berkendara,
Yamaha Aerox 125LC pun menawari tiga position riding yg mampu dipilih oleh
kastemer, yaitu Racing Style buat berkendara model balap, Unggul Performance
utk model berkendara performa maksimal, & Agile Manuver utk manuver lebih
lincah. Sementara buat feature keamanan, uraian Yamaha Aerox 125 LC pula telah
di bekali bersama ragam feature canggih & fungsional, seperti smart side
stand switch & pula smart key shutter.
Yamaha Aerox 125 LC
|
|
Mesin
|
|
Tipe
|
4-stroke, SOHC, Single
cylinder, liquid cooled
|
Kapasitas Isi Silinder
|
125 cc
|
Diameter x Langkah
|
52,4 x 57,9 mm
|
Perbandingan Kompresi
|
10,9:1
|
Daya Maksimum
|
8,4 kW/9000 rpm
|
Torsi Maksimum
|
10,4 Nm/6500 rpm
|
Kapasitas Oli Mesin
|
Total = 0,90 L ; Berkala =
0,80 L
|
Sistem Pelumasan
|
Basah
|
Sistem Bahan Bakar
|
Fuel Injection
|
Tipe Kopling
|
Kering, sentrifugal
|
Tipe Transmisi
|
CVT V-belt automatic
|
Tipe Starter
|
Elektrik & kick starter
|
Dimensi
|
|
P x L x T
|
1857 x 742 x 1070 mm
|
Jarak Sumbu Roda
|
1265 mm
|
Jarak Terendah ke Tanah
|
135 mm
|
Berat Isi
|
102 kg
|
Kapasitas Tangki BBM
|
3,8 L
|
Rangka
|
|
Tipe
|
Underbone
|
Tipe Suspensi Depan
|
Teleskopik
|
Tipe Suspensi Belakang
|
Unit swing
|
Ban Depan
|
70/90-14M/C 34P
|
Ban Belakang
|
70/100-14M/C 40P
|
Rem Depan
|
Disc brake,
cakram hidrolik, dengan piston tunggal
|
Rem Belakang
|
Drum brake
|
Kelistrikan
|
|
Tipe Baterai
|
Yuasa YTZ5S
|
Busi
|
NGK CR7E
|
Pengapian
|
TCI
|
Harga Yamaha
Aerox 125 LC
Menyaksikan detil uraian yg Mas Sena
sampaikan di atas, rasanya benar-benar patut jikalau Yamaha Aerox akan jadi
favorite baru di kalangan costumer, terutama buat bikers laki-laki. Nah jikalau
tadi kita telah puas membedah uraian teknisnya, lantas dengan cara apa bersama
harga Yamaha Aerox 125 LC ini ya? Tahan dulu keingintahuan Bro & Sis soal
harga. Sebelum kita bicara makin jauh soal harganya, Mas Sena dapat memberikan
sedikit rangkuman tentang uraian teknis yg telah sama-sama kita bahas tadi.
Mengambil rancangan yg benar-banar fresh di segmen skuter matik dgn spirit
MotoGP & nama agung Aerox, menciptakan penampilan Aerox 125LC kelihatan
futuristik & beda dari lainnya. Belum lagi, Yamaha Aerox 125LC hadir dgn
performa paling baik di kelasnya melalui mesin 4-stroke 125cc Liquid Cooled
& tehnologi mesin yg diklaim paling powerful buat kelas skutik 125cc. Meski
belum berteknologi Blue Core, tetapi performa mesin Aerox terang tidak kalah
dari skutik besutan Yamaha yang lain. Lantas, banderol harga Yamaha Aerox 125LC
pula pun ditentukan oleh fitur-fitur pelengkapnya. Seperti contohnya feature
Smart Key Shutter, bagasi ekstra luas, Side Stand Switch, & ada banyak lagi
feature menarik yang lain. Nah menyaksikan sejumlah value yg ditawarkan oleh
YIMM melalui Aerox 125LC, sehingga amat wajar jika motor ini ditempatkan di
level paling atas skuter matik 125cc. Lantas juga sebagai skutik kelas atas,
berapa ya kira-kira harga Yamaha Aerox 125 LC ini?
Berkata soal harga
Yamaha Aerox 125 LC, nyatanya PT YIMM membawa segmen menengah. Itu artinya,
banderol harga Aerox dapat berada di atas harga model lain, speerti GT 125 atau
Mio M3, tapi tidak dapat semahal model skutik premium, seperti Yamaha NMAX.
Dari berita yg kami temukan, banderol harga Yamaha Aerox 125LC ini berada di
kisaran Rupiah 18,2 jutaan. Harga tersebut menciptakan Aerox jadi salah satu
skutik bersama harga paling mahal utk segmen low-end. Sedianya, Yamaha Aerox
125LC dapat ditawarkan dalam tiga pilihan warna bercorak menarik yg sanggup
dipilih pembeli, antara lain Racing Blue, Champion Matt Grey, & serta Light
Speed White. Bersama aset rancangan berkarakter agresif & sporty, juga
pilihan warna yg bagus abis, pastinya Aerox siap jadi favorite baru di segmen
skutik. Lebih-lebih, biarpun pass mahal, banderol harga Yamaha Aerox 125 LC ini
telah pass kompetitif buat bertarung di segmen skutik kelas menengah.
Harga Yamaha Aerox 125 LC
|
Rp 18.200.000,- (OTR Jakarta)
|
Bersama
launcing Aerox 125LC di pasaran Indonesia, elemen ini yaitu langkah cocok
Yamaha buat menyegarklan line-up produksi motor matik di dalam negara. Terlebih
menyaksikan sekian banyak musim terakhir, pasar skutik belum tergoyahkan maka
layak jikalau YIMM menyimpan angan-angan gede kepada Aerox 125 LC buat mampu
mendongkrak penjualan. Berkata soal harga Yamaha Aerox 125 LC, sehingga skutik
terupdate ini dapat berkompetisi bersama Honda Vario 125 ESP. Kebetulan, Yamaha
serta mengusung gagasan tidak sama bersama sang kompetitor. Apabila Vario 125
ESP menyasar customer yg mendambakan skutik cantik yg fungsional, sehingga
Yamaha Aerox 125LC ini hadir buat memenuhi adrenalin costumer kaum belia yg
berjiwa sporty. Sasaran pasar Yamaha serta mampu makin luas mengingat Aerox
125LC yakni skutik yg useful, artinya mampu diajak buat melibas seluruh
karakter jalanan. Dgn harga Yamaha Aerox 125LC yg lumayan kompetitif serta, PT
YIMM benar-benar pass yakin diri terhadap product barunya ini. So, skutik
terupdate yg sporty abis ini sanggup jadi referensi keren bagi Bro & Sis yg
mendambakan motor matik berkarakter agresif bersama performa bertenaga. Sekian
lalu perjumpaan kita dalam sesi pembahasan spesifikasinya & serta harga
Yamaha Aerox 125 LC ini.
0 komentar:
Post a Comment